Saturday, January 21, 2012

MEMBUAT BLOG YANG LEBIH BERMANFAAT | BLOGGER PEMULA


Banyak para blogger yang sering kurang memperhatikan situsnya, mereka asal menulis tanpa memperhatikan hal-hal yang cukup fundamental dalam membangun situs webnya. Hal-hal berikut akan membantu dalam menentukan arah blog supaya tidak salah arah.

1. Buatlah profile yang lengkap sehingga orang semakin mudah menemukan kita. Yakinlah bahwa asal positioning yang kita bentuk positif, dan semua tulisan kita sajikan dengan ikhlash untuk kebaikan masyarakat,  Insya Allah tidak akan ada yang menyalahgunakan data kita untuk melakukan kejahatan.

2. Fokuskan Tema Tulisan Jangan membidik terlalu banyak tema, buat dalam beberapa kategori yang mempermudah pembaca memahami posting kita. Usahakan kita mempunyai sucess story sehingga akan membuat tulisan lebih bermakna dan berkarakter, sehingga tidak kelihatan hampa.

3. Tulis sesuai dengan bahasa "manusia". Maksudnya kita harus menulis sesuai dengan target yang kita tentukan. Ketika target pembaca saya adalah mahasiswa, maka saya harus menyajikan tulisan dengan bahasa  mereka. Bahasa pergaulan, syair lagu anak muda dan ungkapan mereka, kadang harus saya gunakan. Menggunakan bahasa paper yang jaim, jayus dan jablai akan membuat bidikan kita lari, ketika baru satu paragraf membaca tulisan kita. Jadi, mari kita gunakan bahasa “manusia” yang baik dan benar :)

4. Gunakan keyword (niche )yang banyak banyak dikejar di mesin pencari. Caranya perbanyak menulis tentang menulis suatu keyword. Izinkan orang lain untuk meletakkan tulisan kita di blog kita, yang tentu saja akan memberikan backlink gratis untuk situs kita.

5. Prioritaskan tulisan atau keyword yang sedang booming. misalnya: video luna maya dan ariel peterpen, video cut tari dan ariel peterpen atau piala dunia 2010, download film spiderman 4 gratis.

6. Bangun komunitas. Perbanyak teman di friendster dan facebook, sehingga kita akan lebih mudah mendapatkan pembaca tulisan kita dengan men-share tulisan kita di situs jejaring sosial.

7. Perbanyak tulisan dengan keyword gratis. Seperti keyword yang saya gunakan untuk blog ini "internet marketing gratis untuk pemula", karena diakui maupun tidak semua orang suka yang berbau gratis dan discount.

Yakinlah banyak hal yang bisa kita capai apabila kita selalu fokus terhadap apa yang kita lakukan. Mari kita ingat ungkapan ulama besar bernama Hasan Al Bana, Mimpi kita hari ini adalah Kenyataan Esok Hari …