Advan DeskBook D7t-64E, All-in-One TV & Desktop

Sudah tidak zaman lagi menggunakan PC yang besar dan banyak memakan tempat karena saat ini telah diproduksi sebuah desktop PC dengan design yang lebih simple dan lebih ramping. Tidak ada lagi yang namanya “meja berantakan” karena bentuk fisik desktop PC yang besar.

Perangkat ini dinamakan Advan DeskBook D7t-64E, All-in-One TV and Desktop PC Solutions. Seperti namanya, perangkat ini juga bisa difungsikan sebagai televisi layaknya TV konvensional. Hanya perlu menyediakan antena sebagai penerima sinyal dari seluruh stasiun televisi di Indonesia.
Sama halnya dengan televisi konvensinal, di bagian belakang tersedia beberapa port yang bisa difungsikan bersama perangkat yang biasa terhubug ke televisi. Ada port audio, video, input dan speaker out. Hubungkan dengan CD/DVD player dan selanjutnya nikmati film atau lagu kesayangan anda. Jangan lupa, ada remote control yang siap digunakan bersama televisi.

Jika ingin berpindah ke mode ke komputer, cukup dengan menekan beberapa tombol maka dalam sekejap layar akan berpindah ke mode komputer. Tekan tombol power pada bagian kanan, komputer akan melakukan booting untuk meload operating system yang telah anda install ke dalamnya.

Advan DeskBook D7t 64E, All in One TV & Desktop PC Solutions Image
Ingin kembali lagi ke mode televisi? Lakukan hal yang sama seperti sebelumnya. Tekan tombol menu pada remote control, pilih input source dan pilih mode input dari televisi. Nilai lebihnya, “CPU” akan tetap dalam keadaan menyala dan akan terus melakukan proses yang telah anda perintahkan. Memberikan keleluasaan bagi anda yang ingin menonton televisi sambil menunggu proses pada CPU yang belum selesai.
Jika menggunakan mode televisi, pemilik dari Advan DeskBook D7t-64E pasti tidak akan mengalami kesulitan karena pengaturan channel, volume, video audio sama seperti pengaturan pada TV konvensional. Hal ini juga berlaku pada saat menggunakan media input lain seperti CD/DVD player maupun S-Video. Mudah dan sederhana.

Advan DeskBook D7t 64E, All in One TV & Desktop PC Solutions Image

Satu yang mungkin kurang dari Advan DeskBook D7t-64E, di dalamnya belum terinstall operating system. Anda harus melakukannya sendiri atau meminta bantuan orang yang lebih ahli untuk menambahakn sistem operasi ke dalamnya. Jangan khawatir dengan kompatibilats hardware, karena pada paket pembelian perangkat anda akan menerima CD driver dari hardware pada deskbook PC. Tersedia beberapa versi yang bisa digunakan sesuai dengan operating system yang akan anda install. Ada versi untuk windows XP, windows Vista maupun windows 7.

Advan DeskBook D7t 64E, All in One TV & Desktop PC Solutions Image

Pada sisi hardware, DeskBook Advan ini dimotori oleh Intel Core 2 Duo E7500 dengan kecepatan processor 2,93 GHz, yang didukung oleh RAM DDR3 berkapasitas 1 GB. Soal media penyimpanan data, tersedia hardisk SATA dengan kapasitas 320 GB. Jika dilihat dari kualitas gambar, PC portable D7t-64E ini menggunakan Intel G41 Express Chipset dengan resolusi maksimum layar 1920×1080 pixel dengan ketajaman gambar 32bit
.
Advan DeskBook D7t 64E, All in One TV & Desktop PC Solutions Image

Beberapa fasilitas standard dari CPU juga dihadirkan oleh DeskBook D7t-64E buatan pabrikan Advan ini. Ada DVD-RW drive yang bisa digunakan untuk proses install, 4 buah port USB (2 di kanan dan 2 di kiri) untuk transfer data, card reader untuk membaca kartu memory, LAN card untuk kabel jaringan, 3 buah jack audio output serta satu buah wireless yang bisa digunakan untuk akses jaringan nirkabel.
Advan DeskBook D7t 64E, All in One TV & Desktop PC Solutions Image
Bagi yang punya hobby chatting atau sekedar narsis di depan komputer, tersedia sebuah web camera yang berkuatan 1.3 Mega Pixel. Intergrasikan kamera ini dengan Yahoo Messengger, Skype, Google Talk atau software yang sejenis dan selanjutnya sapa semua teman anda yang jauh di sana dengan menggunakan Advan DeskBook D7t-64E, All-in-One Desktop PC Solutions.
Advan DeskBook D7t 64E, All in One TV & Desktop PC Solutions Image

Sebagai bonus, anda akan mendapat sebuah keyboard dan mouse secara gratis. Tidak perlu mengeluarkan isi kantong lagi untuk membelinya secara terpisah.
Spesifikasi teknis dari Portable Desktop PC Advan DeskBook D7t-64E yaitu :
  • Processor Intel Core 2 Duo E7500 (2.93GHz)
  • RAM 1GB DDR3
  • 320GB SATA HDD
  • VGA Intet G41 Express Chipset
  • Layar 17.3″ WXGA
  • Web Camrea 1.3 MP Camera
  • Realtek High Definitions Audio
  • DVD RW Drive
  • All ini One Card Reader
  • Integrated LAN RTL8103E 10/100Mbps Ethernet Card
  • Line in & Line out for Audio Video
  • USB Wireless LAN
  • Antena Port
  • Advan Keyboard & Mouse
  • Power Supply
Kurang lengkap rasanya jika pada percobaan kali ini tidak tidak menyertakan hasil benchmark dari Advan DeskBook D7t-64E. Berikut adalah hasil pengujian yang telah kami lakukan.

1) Hasil pegujian menggunakan Windows Experience Index
Advan DeskBook D7t 64E, All in One TV & Desktop PC Solutions Image
2) Hasil pengujian menggunakan NovaBench
Advan DeskBook D7t 64E, All in One TV & Desktop PC Solutions Image
3) Hasil pengujian menggunakan past performance software
Advan DeskBook D7t 64E, All in One TV & Desktop PC Solutions Image

Kesimpulan
Advan DeskBook D7t-64E, All-in-One TV & Desktop PC Solutions memang layak digunakan sebagai pengganti CPU konvensional. Selain bentuknya yang ramping dan tidak memakan begitu banyak tempat, produk ini juga bisa difungsikan sebagai televisi. Hanya perlu menambahkan antena maka anda dapat menonton televisi pada sebuah portable CPU tanpa harus membeli TV tunner. Sangat mudah bukan 

Sumber : blog.fastncheap.com/