17 Langkah Cara merawat LCD Laptop


Beberapa faktor  penyebab kerusakan LCD laptop adalah karena penggunaan dan cara merawat LCD laptop yang kurang benar. Laptop tidak sama dengan PC desktop yang lebih kuat dan tahan apabila kita nyalakan seharian. Semakin lama laptop dinyalakan akan menyebabkan panas yang berlebihan di dalam laptop itu sendiri walaupun sudah ada fasilitas pendinginan di dalam laptop. Hal ini disebabkan oleh ruang kosong yang lebih sempit jika dibandingkan dengan PC desktop biasa. Panas pada laptop inilah yang menyebabkan kerusakan pada laptop, yang salah satunya adalah LCD laptop yang rusak.

Inilah 17 langkah untuk merawat LCD laptop kalian Biar awet jaya :

1.     Sebelum membersihkan LCD matikan dulu Laptop kalian.
2.     Bersihkan LCD laptop secara berkala dengan menggunakan cairan khusus pembersih LCD laptop.
3.     Untuk membersihkan layar notebook, gunakan sikat lembut yang memang dirancang untuk membersihkan layar LCD dari debu. biasanya saya gunakan kuas lembut atau kain yang super lembut dan menyerap untuk mengelap LCD jangan lupa basahi dengan cairan pembersih. Ingat! Jangan gunakan cairan pembersih yang mengandung amoniak atau alkohol. Semprotkan cairan pembersih pada kain dan usap layar perlahan-lahan saat membersihkan. Cairan pembersih untuk layar notebook disarankan menggunakan jenis pembersih yang sama dengan yang digunakan untuk layar kamera digital. Cairan ini biasanya bisa didapatkan di toko penjual perlengkapan kamera.
4.     Selalu tutup laptop Anda jika tidak sedang digunakan. Jika perlu gunakan penutup anti debu dari plastik atau simpan dalam tas notebook.
5.     Jangan pernah menyentuh layar laptop anda, apalagi dengan benda tajam.
6.     Jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung pada layar notebook, tapi di kainnya
7.     Saat laptop tertutup usahakan laptop tidak mengalami tekanan. Terutama jangan letakkan benda-benda berat di atas laptop yang tertutup. pengalaman pribadi pada laptop pertama saya, karena tertekan saat diperjalanan, pas dinyalakan LCD rusak, tampak seperti berlubang.
8.     Kadang kita lupa menaruh flashdisk, atau pulpen diatas keyboard so... Jangan sekali-kali anda menutup laptop saat ada benda tertentu antara layar dan keyboard
9.     Jangan menutup laptop dengan cara membanting. nah ini kalau laptop jadul, lemot, atau kena virus kadang kita jadi jengkel, karena jengkelnya nutup laptop pakai dibanting segala kaya nutup pintu rumah, sehingga menyebabkan engsel Laptop rusak
10.  Membuka dan menutup LCD laptop dengan benar yaitu  dengan memegangnya dari kedua sisi kanan kirinya, bukan dari atasnya, karena di bagian atas ada blok yg rentan rusak.
11.  Gunakan contras dan brightness sedang pada pengaturan LCD laptop
12.  Atur LCD time off ketika laptop tidak digunakan di menu power option windows
13.  Setelah bersih layar LCD nya saya sarankan beri LCD Protector.
14.  Jangan menggunakan laptop lebih dari 3 jam berturut-turut, matikan sekitar 10 menit, kemudian anda bisa menghidupkan kembali laptop anda
15.  Gunakan resolusi setting VGA yang Normal jangan terlalu tinggi karena akan berpengaruh
16.  Kerusakan LCD laptop bias disebakan oleh VGA module nya kurang baik secara kualitasnya. VGA module tersusun oleh VGA chipset, kabel flexibel, konektor flexibel ke LCD, konektor flexibel ke mainboard, dan inverter. Ini adalah kerusakan LCD laptop yang disebabkan oleh faktor bawaan dari pabrik pembuatannya.
17.  Apabila terjadi kerusakan LCD laptop  akibat kasus diatas … maka solusinyaserahkan pada ahlinya hehehe..


Ok .. sahabat semoga 17 langkah merawat LCD diatas bermanfaat