Thursday, July 19, 2012

KANKER KULIT

Kanker Kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Kanker kulit biasanya tumbuh di epidermis (lapisan paling luar kulit), sehingga tumor (benjolan) dapat terlihat dari luar, sehingga kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal. kanker kulit juga merupakan kanker yang paling sedikit resiko kematiannya pada penderita, ini disebabkan karena kulit jarang dapat mencapai organ-organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal dan batang otak pada manusia.

JENIS - JENIS KANKER KULIT

  1. Basal Cell Carcinoma (BCC), adalah jenis kanker kulit yang sering terjadi, sel basal di bawah lapisan kulit terluar.
  2. Squamous Cell Carcinom (SCC), adalah yang ditemukan di sel squamus. SCC biasanya muncul di area terpapar lansung sinar UV, seperti kulit wajah,kulit kepala,leher,tangan dan kaki.
  3. Melanoma, adalah termasuk jenis kanker kulit yang jarang, tapi yang paling berbahaya dapat beresiko penyebab kanker kulit karena letaknya dibawah epidermis.

PENYEBAB KANKER KULIT
Hal - hal yang diduga penyebab kanker kulit adalah :
  • Faktor Usia, Biasanya sering menyerang usia 60 tahun keatas. Tapi ada yang menyerang dibawah usia 60 tahun, namun jumlahnya hanya sedikit.
  • Faktor Keturunan, biasanya kalau ada salah satu anggota keluarga yang mempunyai penyakit kulit, kemungkinan akan menurun.
  • Cahaya Matahari, terutama sinar pada siang hari karena sinar matahari mempunyai kandungan sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker kulit. Sehingga di sarankan apabila keluar rumah usahakan memakai pelindung tubuh, seperti baju  yang tertutup atau payung.
  • Rokok atau Tembakau, Asap rokok yang terhirup oleh hidung merupakan salah satu penyebab kanker kulit.
  • Bakteri dan Virus, untuk menghindari bakteri dan virus, usahakan menjaga kebersihan tubuh dan tidak berganti - ganti pasangan dalam berhubungan seksual.
  • Bahan - bahan Kimia, makanan yang menggunakan bahan pengawet secara berlebihan dan alat - alat kecantikan yang kandungan zat kimianya tinggi dapat menyebabkan kanker kulit.

TANDA DAN GEJALA KANKER KULIT
Sebagaimana diketahui penyakit kanker kulit tidak menimbulkan rasa sakit yang serius, Oleh sebab itu kita harus mengenali gejala penyakit tersebut, yaitu :
  1. Berat badan turun secara tidak normal
  2. Sering kembung
  3. Perdarahan yang tidak wajar
  4. Perubahan pada kulit
  5. Sulit untuk menelan
  6. Deman dan batuk tidak kunjung sembuh
  7. Perubahan didalam mulut

PENCEGAHAAN KANKER KULIT
Penyakit kanker kulit daat dicegah dengan cara :
  • Hindari aktivitas yang dapat menyebabkan tubuh terpapar sinar matahari, terutama sekitar jam sebelasan keatas.
  • Jika terpaksa melakukan aktivita di luar ruangan usahakan menggunakan pelindung tubuh, seperti topi,payung atau yang lainnya asalkan dapat melindungi tubuh.
  • Gunakan sanblok apabila bepergian.
  • Hindari makanan yang banyak menggandung bahan kimia.
  • Konsumsi makanan yang banyak menggandung antioksidan.
  • Usahakan menggunakan alat kosmetik yang berbahan merkuri.
  • Hindari kontak dengan bahan kimia, seperti pestisida.


MENGOBATI DAN MENYEMBUHKAN KANKER KULIT
Ada dua cara untuk mengobati kanker kulit, yaitu :
  • Cara yang pertama, dilakukan secara medis. Biasanya dokter melakukan pembedahan dengan mengangkat jaringan kulit yang sudah terkena kanker atau penyinaran untuk membunuh sel - sel kanker di kulit. Adapun cara lain dengan minum obat, dioleskan salep atau melalui suntikan.
  • Cara yang kedua, dilakukan dengan cara pengobatan alternati atau ramuan. Contohnya pohon kayu putih, kulitnya diambil kemudian dibuat minyak dan dioleskan pada kulit. Dalam jangka waktu tiga jam seminggu setelah pemakaian bibit kanker kulit akan mati.