Penyakit Mata | Mata Merah

Mata merah atau belekan merupakan penyakit yang tidak pandang usia. Dari anak kecil hingga orang tua, bisa terkena penyakit ini. Penderita yang terkena penyakit ini akan merasakan pedih pada matanya, mata menjadi merah dan bengkak. Bahkan, ketika bangun tidur, si penderita akan kesulitan untuk membuka matanya karena terdapat banyak kotoran di seputar kelopak mata.Bila terjadi dalam waktu 12 - 24 jam disebut hiperakut, akut kurang dari 4 minggu, dan kronis lebih dari 1 bulan.
Penyebab konjungtivitis bermacam - macam, seperti bahan kimia, obat tetes mata, alergi ( debu,asap,bulu,hingga penggunaan kontak lensa yang tidak bersih ), bakteri, virus.

Penularan Mata Belekan
Penyakit mata Belekan ini sangat cepat menular melalui media penularannya, seperti benda-benda yang dipakai atau bersentuhan dengan mata si penderita, yakni kacamata, handuk, saputangan. “Bisa juga melalui jari tangan apabila si penderita mengusap matanya dengan tangan sehingga tangannya tercemar virus. Tidak mengherankan, jika orang lain atau anggota keluarga akan sangat mudah tertular.

Penanganan Mata Belekan
Penanganannya disesuaikan dengan panyebabnya. Umumnya ditangani dengan kompres mata air dingin, pemberian air mata buatan, pemberian vasokonstriktor/antihistamin, pemberian antibiotik.
Penggunaan obat atau salep antibiotik harus dengan resep dokter dan tangan harus selalu bersih saat penggunaan obat. Disarankan agar penyakit ini tidak menyebar pada orang lain, usahakan sering mencuci tangan, tidak menggunakan peralatan makan dan mandi secara bersamaan.

Cara Mencegah Mata Belekan
Virus penyakit ini biasanya berada di tempat-tempat yang kumuh, seperti percikan air banjir.Untuk itu, dapat dilakukan pencegahan dengan menghindari memegang dan mengucek mata jika terasa gatal dan hindari kontak langsung dengan si penderita agar tidak terkena belekan. Bagi penderita, sebaiknya menggunakan kacamata agar tidak menulari orang lain. Bila tidak memakai kacamata, maka mata akan semakin merah akibat terkena debu dan sinar matahari. Tetapi bagi orang yang belum terserang penyakit tersebut, sebaiknya jagalah kesehatan tubuh anda karena kesehatan tubuh yang baik mempersulit kuman untuk masuk ke dalam tubuh kita. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.


semoga bermanfaat