Pengertian Idul Fitri dan Tata Cara Melasanakan Sholat Idul Firi



Idul Fitri adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah. Karena penentuan 1 Syawal yang berdasarkan peredaran bulan tersebut, maka Idul Fitri atau Hari Raya Puasa jatuh pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya apabila dilihat dari penanggalan Masehi. Cara menentukan 1 Syawal juga bervariasi, sehingga boleh jadi ada sebagian umat Islam yang merayakannya pada tanggal Masehi yang berbeda.

Pada tanggal 1 syawal mulai berakhirnya puasa pada bulan Ramadan, kemudian merayakan Idul Fitri. Awal pagi hari selalu dilaksanakan Salat Idul Fitri (Salat Ied), disunnahkan melaksanakan salat Ied di tanah lapang atau bahkan jalan raya (terutama di kota besar) apabila area ibadahnya tidak cukup menampung jamaah. Sebelum salat ied di lakukan imam mengingatkan siapa yang belum membayar zakat fitrah, sebab kalau selesai salat ied baru membayar zakatnya hukum nya sedekah biasa bukan zakat.

Adapun hukum dari Salat Idul Fitri ini adalah sunnah mu'akkad. Di malam sebelum dan sesudah hari raya, umat muslim disunnahkan mengumandangkan takbir.Takbir mulai dikumandangkan setelah bulan Syawal dimulai. Selain menunaikan Salat Sunnah Idul Fitri, kaum muslimin juga harus membayar zakat fitrah sebanyak 2,5 kilogram bahan pangan pokok. Tujuan dari zakat fitrah sendiri adalah untuk memberi kebahagiaan pada kaum fakir miskin. Kemudian, Khutbah diberikan setelah Salat Idul Fitri berlangsung, dan dilanjutkan dengan do'a. Setelah itu, kaum muslimin di Indonesia memiliki tradisi saling bermaaf-maafan, terkadang beberapa orang akan berziarah mengunjungi kuburan.

 Niat Shalat Idul Fitri

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ اِمَامًا/مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
“Ushalli sunnatal li'iidil fitri rak'ataini (imamam/makmumam) lillahita'aalaa” 

 Artinya : "saya niat sholat sunat Idul Fitri 2 rakaat menjadi imam/makmum karena Allah Ta’ala"

Tata Cara Melakukan Shalat Idul Fitri :
  • Niat Sholat
  • Takbiratull Ihram
  • Membaca Do'a Iftitah
  • Bertakbir sebanyak 7 kali pada rakaat pertama dan membaca 5 kali pada rakaat kedua dan masing-masing dalam setiap takbirnya diawali dengan membaca tasbih,sbb:

        سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ
    “Subhaanallaah wal hamdulillaahi wa laa ilaaha illallaah wallaahu akbar.”

     Artinya : "Maha Suci dan segala puji bagi allah serta tiada tuhan selain allah, allah maha besar"
  • Membacakan Al-Fatihahdan surat dari pada Ayat-ayat suci Al-Quran.
  • Dilanjutkan dengan Ruku, I'tidal, sujud, duduk diantara dua Sujud, berdiri rakaat kedua, sebagaimana pada yang di lakukan pada rakaat pertama, tahiyyat dan salam.
  • Selesai.
Beberapa hal-hal diantaranya hal yang disunahkan pada hari raya idul fitri :

  1. Mandi Pagi
  2. Berpakaian Rapi, Bagus, Sopan
  3. Memakai Harum-haruman
  4. Makan Pagi
  5. Mengegerakan datang ke masjid
  6. Mengumandangkan takbir.

Sumber : http://id.wikipedia.org dan http://kreasifathan.blogspot.com