Sunday, December 9, 2012

TIPS DAN TRIK MEMBELI MOBIL DAN MOTOR BEKAS


Berminat beli Motor atau mobil bekas ? nih adadbeberapa tips yang bisa kalian jadikan rekomendasi sebelum memutuskan untuk beli kenderaan bekas :

1. Harga Motor dan Mobil Bekas  di Pasaran

Sebelum anda melakukan pencarian motor atau mobil bekas yang akan anda beli, sebaiknya lakukan cek harga pasaran terlebih dahulu baik dari koran, majalah atau mungkin bisa juga dari Internet
 
2. Nomor Rangka Mesin Motor.

Periksa nomor rangka dan mesin motor dan mobil , lalu sesuaikan dengan nomor rangka serta nomor mesin yang tertera pada STNK maupun BPKB.
 
3.  Kondisi Fisik.

Periksa kondisi body, spion, baut, dashboard dan lain sebagainya, apakah terlihat banyak goresan, kondisi retak ataupun pecah. Usahakan juga akan lebih baik jika semua yang menempel pada motor dan mobil adalah parts orisinil.
 
4. Kondisi Oli.

Usahakan buka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran Oli tidak berlebihan, karena Oli yg berlebih akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor dan mobil  yg mungkin berbunyi kasar atau berisik.
 
5. Speedometer.

Pastikan agar tidak ada retak atau adanya bekas pembongkaran. Lihat jumlah berapa km yang telah ditempuh oleh motor dan mobil  tersebut. Jika diatas 100.000 km maka dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan segera anda diganti. Tentunya akan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

6. Hidupkan Mesin Motor.

Coba hidupkan mesin motor dan mobil  tersebut, apakah bisa stationer atau langsam. Karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1500 rpm. Serta pastikan juga bahwa tidak ada bunyi-bunyian yang kasar didalam mesin.
 
7.  Perpindahan Gigi.Kopling maupun Perseneling

Jalankan kendaraan dan perhatikan posisi perpindahan gigi apakah terasa sulit atau tidak. Apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis. Satu lagi yang perlu diperhatikan juga adalah, jika terdengar suara mendesir pada saat motor dan mobil  berjalan. Kemungkinan besar gigi primer dari motor dan mobil tersebut akan segera habis.
 

8. Rangka atau Sasis Motor. / Mobil

Perhatikan kelurusan roda depan dan belakang, dan pastikan bahwa rangka atau sasis motor tersebut tidak ada kebengkokkan. Jalankan sekitar 40km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk pastikan motordan mobil tidak sulit dikendalikan. Hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang atau setir.
 
9. Kebocoran Oli

Usahakan anda dapat mencoba jalankan motor lebih lama, dan setelah motor dijalankan kurang lebih sekitar 1 Km. Perhatikan apakah terlihat adanya oli yang bocor melalui sela-sela mesin. Atau adanya air radiator bocor bagi motor yang menggunakan radiator.
 
10. Kondisi Kelistrikan.

Periksa juga kelistrikan dan lampu-lampu seperti lampu depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer, atau elektrik stater motor dan mobil. Apabila semua berfungsi atau hidup, berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki tidak ada permasalahan.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa sesuaikan harga yang ditawarkan oleh penjual dengan kondisi motor yang akan dijual tersebut. Karena setiap motor atau mobil tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masin

Semoga bermnfaat

INFO TERBARU PANDUAN BELAJAR BISNIS ONLINE UNTUK PEMULA 2013 - 2014  : BISNIS ONLINE HEBAT TERPERCAYA  MEMBER FREE DAPAT KOMISI


sumber : politeknik.co.cc