JAMUR KULIT | PADAS | PANU | KURAP

Jamur berkembang pada daerah yang lembab dari tubuh, dimana dua permukaan kulit bertemu diantara jari, pada area genital, dibawah payudara,  ketiak, selangkangan, sela jemari kaki, lipatan kulit yang lembab, atau di lipatan bokong. Bagian-bagian kulit tersebut selain lembab, sering tidak kering setiap kali habis mandi. Jamur yang menginfeksi kulit (dermatopytes) sebagian besar hidup pada lapisan paling atas dari kulit.
Infeksi jamur kulit kerap diderita oleh masyarakat yang tinggal di negara beriklim tropis. Indonesia memiliki iklim tropis yang berakibat suhu udara yang panas dan lembab sehingga menguntungkan bagi pertumbuhan organisme seperti jamur dan parasit.

PENYEBAB INFEKSI JAMUR
Faktor penyebab infeksi jamur adalah :

  1. Kondisi Kesehatan, seperti Diabetes dan beberapa kanker, seperti leukemia membuat seseorang mudah terkena infeksi jamur.
  2. Sistem kekebalan tubuh : Penekanan terhadap sistem kekebalan tubuh akan kesulitan dalam menangkal semua tipe infeksi. Demikian juga dengan infeksi jamur akan makin sulit untuk dikontrol.
  3. Faktor lingkungan : Kelembaban penting untuk pertumbuhan dan reproduksi jamur. Paparan jamur lebih sering pada area komunitas yang lembab seperti ruang loker atau kamar mandi.
  4. Penggunaan Antibiotik dapat mengurangi bakteri yang hidup pada tubuh, dan mengubah keseimbangan flora normal. Jamur mungkin menggunakan kesempatan untuk berkoloni.
  5. Penggunaan kortikosteroid mengurangi peradangan dan dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Bagaimanapun juga, obat ini menekan respon kekebalan dan meningkatkan kondisi untuk pertumbuhan jamur.
  6. Keringat berlebihaan saat olahraga atau kegemukan
  7. Kehamilan dan menstruasi dapat membuat ketidaksimbangan hormon dalam tubuh sehingga rentang terkena infeksi jamur.

PENCEGAHAAN INFEKSI JAMUR
Untuk melakukan pencegahaan bisa dilakukan sengan cara :
  • Biasakan membersihkan badan dengan mandi,minimal dua kali sehari
  • Simpan atau gantungkan pakaian Anda di tempat yang kering. Tapi jangan terlalu lama menggantungnya karena bisa menyebabkan jamur berkembangbiak
  • Pastikan Anda tidak memakai handuk secara bersamaan dengan Orang yang menderita infeksi jamur
  • Setelah memakai handuk segera jemur dan jangan biarkan dalam keadaan basah
  • Usahankan mengganti handuk sesering mungkin
  • Jangan memakai pakaian secara bergantiaan denan orang yang menderita infeksi jamur


Penyakit kulit memang tidak berbahaya tetapi mengganggu penampilan dan kepercayaan diri seseorang.