PENYAKIT JANTUNG DAN GEJALANYA


Penyakit Jantung adalah Suatu kondisi yang menyebabkan Jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Sedangkan, serangan jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jantung sama sekali tidak berfungsi. Kondisi ini biasanya terjadi mendadak, dan sering disebut gagal jantung. Penyebab gagal jantung bervariasi, namun penyebab utamanya biasanya adalah terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung, oleh karena pembuluh-pembuluh darah yang biasanya mengalirkan darah ke otot-otot jantung tersebut tersumbat atau mengeras, entah oleh karena lemak dan kolesterol, ataupun oleh karena zat-zat kimia seperti penggunaan obat yang berlebihan. Bagaimanapun, penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan banyak menimbulkan kematian kepada penderitanya. Tak jarang, penderita terlambat mengetahui bahwa dia menderita penyakit jantung sehingga terlambat untuk diatasai.

GEJALA - GEJALA PENYAKIT JANTUNG

  1. Tiba-tiba sakit di bagian dada dibelakang tulang dada atau seperti sesak dada
  2. Nyeri dada bisa berulang beberapa menit (20 menit atau lebih)
  3. Rasa nyeri bisa berupa tekanan di bagian dada, dan leher seolah tercekik hingga menyebabkan keluar keringat dingin
  4. Tiba-tiba pingsan, namun bisa kembali sadar. Ini terjadi karena ada gangguan irama jantung
  5. Merasa seperti sakit maag, padahal sebelumnya tidak pernah menderita gangguan lambung
  6. Rasa berdebar - debar seperti tertekan benda berat


PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG
        Penyebab penyakit jantung selain kelainan genetik adalah gaya hidup yang kurang sehat, seperti merokok dan kegemukan. Seseorang kalau mengalami kurang tidur juga bisa berakibat pada penyakit jantung. Oleh karena itu, tidur minimal 7 jam dalam sehari supaya mengurangi kerja jantung. Selain itu juga yang dapat mempengaruhi penyakit jantung adalah pekerjaan yang terlalu banyak sehingga membuat Anda stress itu dapat memicu serangan jantung dan stroke.

PENCEGAHAAN PENYAKIT JANTUNG

  1. Lakukan pola makan yang seimbang
  2. Berhenti merokok
  3. Hindari sterss
  4. Lakukan olahraga secara rutin
  5. Kurangi berat badan berlebih (obesitas)
  6. Komsumsi sayuran dan buah - buahan segar
  7. Apabila dalam keluarga ada yang terkana serangan jantung, sebaiknya mulai dari sekarang Anda berhati - hati dan selalu menjaga pola hidup sehat
semoga bermanfaat