PENYAKIT LUPUS

Penyakit Lupus adalah penyakit baru yang mematikan, setara dengan kanker. Banyak yang meningal dunia karena mengidap penyakit ini, karena penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia secara berlebihan, sehingga mengganggu kesehatan tubuh.Istilah Lupus ini dari bahasa latin yang artinya "anjing hutan".  Awalnya, penderita tidak mempunyai kelainan kulit, tapi muncul berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi, bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, panas dan rasa lelah berkepanjangan, rambutnya rontok, persendian kerap bengkak dan timbul sariawan. Kebanyakaan penderita penyakit lupus ini tidak tertolong, ditemukan dari 100 ribu kasus baru terjadi setiap tahunnya dan saat ini penderita penyakit lupus tercatat telah melebihi 5 juta orang.

PENYEBAB PENYAKIT LUPUS
Beberapa faktor yang dapat memicu penyakit lupus :

  • Infeksi Virus
  • Lingkungan
  • Terkena paparan sinar matahari
  • Stress
  • Pemakaian obat - obatan tertentu
  • Pengunaan kontrasepsi KB/ kelainan hormon


GEJALA PENYAKIT LUPUS
Gejala - gejala yang timbul diantaranya :
  1. Mudah mengalami gangguan pencernaan 
  2. Kulit yang mudah gosong akibat sinar matahari
  3. Badan terasa lemah, sering lelah, demam, pegal - pegal terutama pada saat aktif
  4. pada kulit muncul ruam merah yang membentang kedua pipi, juga bisa menyebar ke seluruh tubuh, dan kadang - kadang bersisik.
  5. Mengalami anemia yang diakibatkan oleh sel-sel darah merah yang dihancurkan oleh penyakit lupus ini
  6. Sering mengalami kerontokan pada rambut


JENIS - JENIS PENYAKIT LUPUS
  • Cutaneus, marak disebut sebagai discoid yang mempengaruhi kulit.
  • Systemic Lupus Erythematous (SLE), menyerang organ tubuh seperti persendian, darah, paru-paru, kulit, jantung, ginjal, hati, otak, dan saraf.
  • Drug Induced Lupus (DIL), biasanya timbul karena pengkonsumsian obat-obat tertentu, namun apabila pemakaian obat dihentikan maka gejala akan hilang.


PENCEGAHAAN PENYAKIT LUPUS
Karena penyakit ini menyerang bagian kulit, sebaiknya hindari paparan sinar matahari secara langsung dan berlebihaan. Selain itu anda juga harus berganti pola hidup anda dengan pola hidup sehat seperti olah raga yang teratur mengganti menu makanan anda dengan banyak sayuran dan buah-buahan. Dalam makanan sendiri anda juga harus memperhatikan kandungannya, untuk lebih baiknya sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin D dan protein. Selain itu waspadai juga penyakit yang menyerang bagian penceranaan, namun karena penyakit ini termasuk penyakit genetik sehingga ada juga yang di sebabkan oleh keturunan.