PENYAKIT MENULAR DAN PENCEGAHANNYA

Penyakit menular yang juga dikenal sebagai penyakit infeksi. Dalam istilah medis, penyakit menular adalah penyakit yangdapat menular dari satu orang ke orang lain. Penularannya penyakit ini biasanya orang yang tidak sakit kontak dengan orang yang sedang sakit. Penularannya bisa secara langsung maupun melalui perantara. Penyakit menular biasanya bersifat akut, berdurasi pendek, dan biasanya bersifat patogen.

Beberapa macam penyakit menular :
1. Demam Berdarah
Penyakit demam berdarah merupakan penyakit infeksi yang bisa berakibat fatal dalam waktu yang sangat relatif singkat. Penyakit Demam Berdarah tidak menular melalui kontak manusia secara langsung tetapi dapat ditularkan dari gigitan nyamuk aedes aegypti. Biasanya nyamuk ini menggigit pada siang hari.
Gejala dari penyakit demam berdarah ini diantaranya adalah: demam secara tiba - tiba, sakit kepala berat, sakit pada sendi dan otot, serta timbul bintik - bintik merah pada kulit. Pencegahan dari penyakit demam berdarah ini dapat dilakukan dengan cara penyemprotan nyamuk di lingkungan rumah dan masyarakat, membersihkan saluran air, menutup tempat penyimpanan air, membersihkan dan mengurasbak mandi, serta mengubur barang - barang bekas yang sudah tidak dipakai.

2.Influensa
Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerang saluran pernafasan. Penyakit ini termasuk jenis penyakit yang cepat sekali menular. Gejala dari penyakit influenza ini adalah: menggigil, demam, sakit kepala, nyeri otot punggung, tubuh terasa lemas, lelah, berkeringat, kerongkongan terasa sakit, batuk - batuk, hidung berair, serta suhu tubuh meninggi. Cara menggobati penyakit influenza biasanya dengan banyak mengkonsumsi air putih dan itirahat yang cukup.


3. Diare
Diare merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Seseorang yang mengalami diare biasanya sering buang air besar dengan tekstur feces yang encer. Apabila seseorang mengalami diare yang berat dan tidak segera ditangani bisa menyebabkan dehidrasi bahkan bisa menyebabkan kematian. Penyakit diare bisa disembuhkan dengan cara banyak mengkonsumsi cairan terutama oralit sehingga dapat mengganti jumlah cairan yang dikeluarkan.

4.Muntaber
Penyakit muntaber merupakan penyakit yang lebih parah daripada diare. Muntaber akan membuat penderita kekurangan cairan tubuh secara drastis. Apabila muntaber ini menyerang anak - anak atau bayi segera beri cairan yang banyak seperti, air kelapa, jus jambu, jus apel campur pisang atau jus apel campur madu.

Beberapa cara untuk terhindar dari penyakit menular :

Pola Hidup yang Sehat
Dalam hidup selalu jalani dengan pikiran yang positif. Tidak melakukan pergaulan bebas dan jangan sering ganti - ganti pasangan.

Menjaga Kebersihan Lingkungan
Lakukan kegiatan kebersihan lingkungan sekitar secara rutin. Apabila lingkungan sekitar kotor dan banyak sampah yang berserakan dimana - mana dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit. Dengan lingkungan yang sehat dapat mencegah penularan penyakit.

Cuci Tangan
Biasakan melakukan cuci tangan sebelum atau sesudah melakukan aktivitas. Karena tangan merupakan media perantara kuman. Misalnya saja apabila kita habis memegang kotoran, maka penyakit mudah tertular.


Olahraga yang teratur dan Istirahat yang cukup
Lakukan kegiatan rutin berolahraga supaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Istirahat yang cukup juga dapat mendukung tutuh tetap segar. Dan pola makan yang seimbang.


Pemberiaan Imunisasi
Berikan imunisasi yang lenkap untuk bayi baru lahir. Bukan hanya pemberian imunisasai saja tapi juga berikan makanan yang banyak mengandung gizi seimbang.



SEMOGA BERMANFAAT