Makanan dan Minuman

Makanan dan Minuman sehat adalah makanan dan minuman yang mengandung tri guna makan dan minum. Makanan sehat makanan yang mengandung cukup gizi yang tinggi.
Makanan dan minuman merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan. Tanpa makanan dan minuman, tentu saja manusia akan mati. Saat ini makanan dan minuman memang sangat beragam jenisnya, selain itu rasanya juga lezat – lezat. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua makanan yang ada disekitar anda itu tidak semuanya merupakan makanan yang sehat. Makanan yang sedap dan enak di lidah belum tentu juga merupakan makanan yang sehat. Memilih makanan dan minuman yang sehat merupakan hal yang sangat penting karena makanan itu akan memberikan manfaat yang positif bagi tubuh.  Mungkin anda sendiri masih bingung tenatng pengertian makanan dan minuman sehat itu sendiri. Oleh karena itu, disini akan dijelaskan lebih lanjut tentang pengertian makanan dan minuman sehat beserta contoh-contohnya sehingga anda akan lebih mudah memahami betapa pentingnya mengkonsumsi makanan dan minuman sehat untuk kesehatan. Makanan sehat sebenarnya merupakan makanan yang memiliki zat – zat penting yang berguna bagi tubuh. Selain itu, makanan yang sehat juga memiliki kandungan gizi yang seimbang yakni makanan yang baik jika dikonsumsi oleh tubuh. Mengapa anda penting untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat? Sebenarnya, tujuan mengkonsumsi makanan sehart adalah untuk menjaga supaya tubuh tetap sehat dan semua organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Makanan yang bergizi seimbang dan sehat bukan berarti merupakan makanan yang enak dan mahal, tetapi makanan yang sehat merupakan makanan yang mengandung nilai gizi yang diperlukan tubuh sehingga perkembangan otak dan pertumbuhan tubuh juga dapat menjadi lancar. Anak – anak yang tidak mengkonsumsi makanan bergizi atau asupan gizinya kurang, hal ini cenderung akan membuat anak tumbuh agak lambat. Selain itu, hal ini juga menyebabkan anak mudah terserang penyakit. Untuk mendapatkan tubuh yang tubuh normal, anda tidak dianjurkan untuk makan secara berlebihan karena mengkonsumsi makanan berlebih dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Memiliki tubuh yang gemuk juga tidak baik karena orang yang bertubuh gemuk cenderung kurang lincah dan malas untuk beraktifitas. Selain itu, tubuh gemuk juga dapat membuat aliran darah kurang bekerja maksimal dan membuat jantung lebih berat bekerja.

Menurut ahli gizi, makanan yang sehat adalah makanan bergizi terdapat pada makanan pokok, sayur, lauk, dan buah. Makanan pokok merupakan makanan yang mengandung banyak karbohidrat atau zat tepung seperti nasi, singkong, sagu, dan jagung. Karbohidrat merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energy. Dengan mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup, anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas. Oleh karena itu, asupan karbohidrat sangat penting untuk memiliki tubuh yang selalu bertenaga. Selain makanan pokok, lauk pauk juga merupakan salah satu makanan sehat yang diperlukan oleh tubuh. Lauk pauk terdiri dari ikan, ayam, daging, tempe, tahu, telur, dan lain-lain. Makanan ini banyak mengandung lemak dan protein yang berfungsi untuk mengganti sel – sel tubuh yang rusak dan membangun tubuh. Tetapi mengkonsumsi makanan berlemak yang berlebihan juga tidak dianjurkan karena lemak yang berlebih akan menyebabkan kegemukan. Selain itu anda juga perlu untuk memilih lauk pauk yang masih bebas dari berbagai zat kimia. Ayam potong dan telur saat ini sudah banyak dipengaruhi oleh obat-obatan sehingga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Oleh karena itu anda perlu memilih lauk pauk dengan hati – hati. Sayur dan buah – buahan juga tidak kalah pentingnya bagi tubuh. Ini merupakan makanan sehat yang banyak mengandung mineral dan vitamin. Vitamin dan mineral merupakan unsur yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Ada banyak sekali macam sayuran yang ada di sekitar anda seperti kangkung, bayam, wortel, dan lain – lain. Selain itu, buah juga memiliki jenis yang bermacam – macam seperti mangga pisang, papaya, dan jeruk. Oleh karena itu, manusia perlu mengkonsumsi buah dan sayuran yang cukup. Sekarang, anda mugkin sudah sedikit memahami tentang pengetian makanan dan minuman sehat.
Sebagai konsumen, anda tentu harus selektif dalam memilih makanan dan minuman untuk dikonsumsi karena tidak semua makanan dan minuman dapat bermanfaat bagi tubuh. Makanan dan minuman yang tidak sehat dapat menjadi sumber toksin yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mendalami pengertian makanan dan minuman sehat sehingga anda dapat menemukan makanan yang baik bagi tubuh. Banyak sekali jenis penyakit yang menyerang tubuh manusia hanya berawal dari mengkonsumsi makanan atau minum yang tidak sehat. Sementara itu, disekitar anda ada banyak sekali makanan dan minuman yang kurang sehat yang disukai banyak orang. Disadari atau tidak, makanan tersebut mengandung toksin yang dapat terakumulasi di dalam tubuh dan dapat memicu timbulnya penyakit yang dapat membahayakan kesehatan bahkan nyawa manusia. Makanan dan minuman  yang kurang sehat bagi tubuh diantaranya adalah fastfood, makanan dan minuman yang dibuat dengan zat aditif yang berlebihan seperti penguat rasa, pewarna, pengawet, dan pemanis; minuman beralkohol, makanan yang diawetkan, mie instant, makanan kaleng, gorengan, jerohan, daging berlemak, dan daging olahan. Minuman yang sehat adalah minuman yang memiliki kandungan oksigen yang tinggi yaitu air putih. Air putih merupakan minuman sehat yang sangat dianjurkan. Minum air putih yang memiliki kandungan oksigen yang tinggi dapat membuat tubuh menjadi segar. Oleh karena itu, orang – orang dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari supaya tubuh tidak kekurangan cair atau dehidrasi sehingga semua organ tubuh dapat berjalan dengan normal. Memahami pengertian makanan dan minuman sehat dapat membantu anda memilih makanan dan minuman yang tepat untuk dikonsumsi.

sumber : makanan dan minuman sehat