Modifikasi Yamaha Tenere XT660Z 2013 2014

Spesifikasi standar sudah cukup untuk taklukan Ring of Fire Adventure stage 2
Yamaha Indonesia tidak main-main perihal dukungannya terhadap tim Ring of Fire Adventure (RoFA). Buktinya, Yamaha mendatangkan 5 buah Yamaha Tenere XT660Z ABS dengan spesifikasi Eropa. Selain itu ada juga 2 buah Yamaha Scorpio Z sebagai pendamping dari Yamaha Tenere.

Agar memudahkan perjalanan, modifikasi kedua tipe motor ini pun harus dilakukan. Mengingat rute yang ditempuh sangat menantang. Rombongan yang dipimpin oleh Youk Tanzil akan melintasi kota-kota pulau di Sulawesi dan Maluku.

Start pada 8 April 2012 mendatang, rute yang dilalui mulai dari Makassar–Maros–Banti Murung–Tana Toraja–Suroako–Kendari–I. Muna–Pulau Buton–Poso–Tanjung Api–Palu–Gorontalo–Tomohon–Manado–Bitung.

Lalu ke Maluku. Mulai dari Ternate–Halmahera-Pulau Morotai–Tidore–Bacan–Ambon–Pulau Buru–Pulau Seram–Pulau Saparua–Pulau Banda Naira–menyebrang ke Surabaya dan finish di Jakarta.

Sebelumnya RoFA telah sukses dengan ekspedisi fase pertama yang dilakukan pada April 2011 lalu. Saat itu, selama 55 hari tim RoFA menempuh rute Kupang-Timor dengan total jarak 6.000 km. Tim ini juga melalui 9 provinsi dan 5 gunung berapi.

Yuk kita lihat detail modifikasinya. Mulai dari Yamaha Tenere XT660Z ABS. Motor ini mengusung mesin 1 silinder 660cc, mesin SOHC 4 klepnya memiliki torsi besar. Yamaha mengklaim 58 Nm di 5.500 rpm. Sedang powernya mencapai 48 PS pada 6.000 rpm.
Cuma ditambah boks bagasi dan perangkat navigasi
Jarak main suspensinya juga panjang, mirip motor trail. Sokbraker teleskopik di depan mampu bergerak sejauh 210 mm. Kombinasi roda depan dan belakangnya juga sdah trail tulen. Ring 21 inci di depan roda depan dan 17 di belakang. Jadi jangan heran jika motor bergenre adventure ini tidak terlalu banyak mengalami rombakan.

”Kami hanya menambahkan beberapa box yang dipasang di samping kiri dan kanan. Box-nya sendiri, kami menggunakan buatan Indonesia yang didisain khusus untuk perjalanan kali ini," jelas Youk Tanzil.

"Selain itu ditambah juga dengan beberapa perangkat elektronik dari Panasonic,” sambungnya. Beberapa piranti navigasi, GPS hingga perangkat komunikasi juga memenuhi panel indikator di depan setang.
 Kaki-kaki banyhak diubah, sok depan sudah pakai upside down dan ganti pelek ring 17 inci
Sedang 2 buah Yamaha Scorpio Z yang ikut serta, butuh lebih banyak modifikasi. Suspensi depan misalnya, diganti upside down dari Showa. Pelek jari-jari ring 17 inci juga menggantikan pelek palang 18 inci bawaan motor.

"Lainnya paling ban diganti menggunakan semi trail. Setang juga diganti pakai punya trail,” jelas Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia. "Sedang mesinnya tidak mengalami modifikasi, karena sudah dirasa cukup untuk menaklukan jalur yang akan ditempuh oleh team Ring of Fire Adventure,” ungkap Indra.

Yamaha Yamaha Scorpio Z sebagai pendamping dari Yamaha Tenere XT660Z ABS akan dipakai oleh 2 rider wanita. "Wanita tidak mungkin menggunakan Yamaha Tenere XT660Z ABS. Karena bobot dan tingginya yang tidak cocok," sambung Youk Tanzil. (motorplus-online.com) 
sumber : http://motorplus.otomotifnet.com