Modifikasi Yamaha Byson Konsep Yamaha FZ1 2013 2014

Konsep dasar antara Yamaha Byson dan Yamaha FZ1 memang agak mirip. “Makanya untuk mengubah Byson jadi FZ1 hanya perlu penambahan beberapa part yang bersifat bolt on saja,” kata Rudi Gunawan dari Berkat Motor di Jl. Ciledug Raya, No. 1E, Kreo, Ciledug, Tangerang.

Itu yang membuat Nurul Huda, sang pamilik motor ini optimis sebuah tunggangan kesayangan akan jadi lebih sip. Begitu Byson keluar dari dealer, langsung dimodifikasi.
  

Deltabox, bikin konsep makin kekar
Kebetulan setelah browsing, ketemu konsep dari Yamaha FZ1. “Simpel tapi sangar,” jelas Nurul Huda yang berusia 30 tahun dan yang tinggal di Komplek Taman Asri, Ciledug, Tangerang.

Beruntung bagi Huda, begitu doi disapa. Sebab, Rudi Gunawan paham betul kemauan Huda. Konsep FZ1 yang diinginkan, mudah diimplementasikan ke Byson.

Dipilih peranti bolt on, karena Huda tak ingin mengubah ekstrem pacuannya. “Lantaran lewat peranti bolt on saja sudah bisa bagus kok,” timpal Huda.

Sepatbor standar cuma tambah kuping. Single seater tapi bisa dilepas buat boncenger
Mulai dari depan. Buat percantik tampilan sepatbor, part yang berfungsi menahan cipratan air dan kotoran dari ban itu diberi pemanis. Maksudnya, diberi ‘kuping’ tambahan di bagian sisi samping yang bersifat bolt on. Pemasangannya juga tetap diposisikan di lubang baut sepatbor. Jadi, tak perlu braket lagi.

Merembet ke bagian engine, sejatinya FZ1 mengadopsi cover engine bawah. Begitu juga di Byson ini. Cover engine yang terbuat dari bahan fiberglass dipasang sebagai penguat aksen mesin agar tampak lebih besar juga kekar.
Kesan kekar itu makin diperkuat lewat aplikasi part deltabox yang juga terbuat dari serat kaca alias fiberglass. “Deltabox ini mengambil dudukan di cover bodi samping,” timpal modifikator dua anak itu.

Buat sektor buritan, pemakaian cover jok membuat Byson seakan jadi pacuan single seater. “Demi kuatkan konsep sangar, warna dipilih dari FZ1 yang hitam-kuning,” tutup Rudi. Keren! (motorplus-online.com) 

DATA MODIFIKASI
Ban depan : IRC 100/80-17
Ban belakang : IRC 120/80-17
Berkat Motor : (021) 935-17093


sumber : http://motorplus.otomotifnet.com