Suni

Sunni adalah istilah singkatan dari kelompok ahlussunnah wal jamaah, yaitu pegikut Nabi SAW dan para sahabatnya. Kaum Sunni atau ahlussunnah wal jamaah adalak kaum yang menganut I'tiqah yang dianut oleh Nabi SAW dan para sahabatnya. Untuk mengenal I'tiqad Rasulullah SAW dan para sahabatnya sudah diuraikan dalam al-Qur'an dan hadist secara terpisah-pisah atau belum tersusun secara rapi.

Bila dikaji secara perkata. Ahlu artinya keluarga, golongan atau pengikut. As-sunnah secara bahasa dimaknai dengan undang-undang,peraturan yang berlaku,metode atau cara yang diadakan dan dijalani. Sedangkan secara istilah dimaknai dengan ucapan,perbuatan dan ketetapan Nabi SAW. Lawan sunnah adalah bid'ah (membuat yang baru atau mengada-ada).
Sunnah terbagi menjadi tiga diantaranya :

  1. Sunnah Qualiyah adalah perkataan Nabi SAW
  2. Sunnah Fi'liyah adalah perbuatan Nabi SAW
  3. Sunnah Taqiririyah adalah sesuatu yang nabi berdiam diri atau tidak memberi komentar ketika sahabat mengerjaknnya, baik mengerjakan di hadapan Nabi SAW sendiri maupun tidak dihadapannya akan tetapi sampai berita tersebut kepadanya.
Dapatlah dipahami bahwa sebutan ahlussunnah mengandung dua sunnah yaitu Sunnah Rasul dan Sunnah Khulafaurrasyidin. sedangkan kata jama'ah secara bahasa artinya kelompok. Namun dalam istilah dimaknai dengan sekumpulan atau sekelompok orang yang secara bersama-sama dalam satu ikatan yang bertujuanmengerjakan amal kebajikan.

Jadi aliran Sunni atau ahlussunnah waljamaah adalah orang-orang atau kumpulan yang mengikuti perkataan, perbuatan, dan ketetapan Rasululah SAW dan para sahabatnya.

sumber : http://www.anneahira.com