Cara Memberi dan Mencopot Sticker Sepeda Motor



Ada beberapa langkah aman untuk mencopot  dan memberi sticker bodi motor yang tidak membuat bodi rusak atau baret, berikut tips tersebut :
1. Bersihkan dan cuci terlebih dahulu body motor yang akan di pasangi stiker, kemudian coba pasang stikerdan letakkan posisinya yang tepat.. setelah itu siapkan air samphoo untuk melumasi stiker yang sudah di lepas perekatnya. lau coab tempelkan ke body motor setelah di rasa pas keringkan dengan menggosok pakai karet untuk menghilangkan air shampo

2. Identifikasi sticker
Sebelum mulai mencopot, pertama identifikasi dulu sticker yang pengen dibuang. Ini penting ...Pasalnya ada sticker yang memang penting dan harus ada di motor. Contohnya kayak sticker cara perawatan motor. Sebaliknya yang nggak penting, seperti sticker imej di bodi, boleh-boleh aja dicopot.

3. Prioritas
Setelah proses identifikasi selesai, berikutnya cari sticker mana yang susah dan yang gampang dicopot. Yang susah tuh kalo sticker yang nempel dilapisi pake clear coat. Yang gampang tentu aja sticker yang ditempel begitu aja tanpa dilapisi apapun. Dari sini bisa ditentuin mana yang haraus dikerjakan lebih dulu.

4. Mencopot sticker tanpa clear coat
Yang ini agak cepet ngerjainnya, apalagi kalo motornya masih baru. Biasanya sticker belum merekat kuat, lantaran lemnya belum terlalau rekat. Bisa aja langsung dicopot setelah mencungkil bagian ujung-ujungnya pake kuku. Tapi saat mencungkil harus hati-hati, bisa-bisa cat bodi ikutan terkelupas. Biar lebih aman, panasi dulu sticker pake hair dyer. Panas dari hair dryer bakal mengurangi kerekatan lemnya.

5. Mencopot sticker dengan clear coat
Bagian ini agak susah lantaran harus 2 kali kerja. Pertama adalah mencopot dulu pelapisnya. Setelah itu baru mencopot stickernya. Biar gampang, caranya sih nggak jauh beda dengan cara sebelumnya. Panasin dulu sticker dan pelapisnya yang pengen dicopot, setelah itu baru dikerjain pencopotannya.Biasanya nggak cukup sekali aja pemanasan dengan hair dryer-nya. Pemanasan pertama adalah buat mencopot pelapis, dan pemanasan kedua buat mencopot stickernya.

6. Panasi berulang-ulang
Sebenernya pemanasan nggak cukup dilakuin sekali aja di awal sebelum nyopot sticker. Selama pencopotan kalo bisa pemanasan dilakuin terus-menerus, soalnya siapa tau lemnya cepat mengeras lagi. Lakuin terus pemanasan denganhair dryer sampai sticker tercopot semua.

7. Semprot cairan pembersih

Setelah sticker berhasil dicopot semua pake cara tadi, biasanya jarang ada bekas lem yang tertinggal. Tapi nggak ada salahnya buat ngebersihin tempat bekas sticker nempel. Caranya bisa memakai semprotan pembersih.


semoga bermanfaat


sumber :