BISUL

Bisul ( furunkel ) adalah infeksi kulit yang disebabkan bakteri jamur atau bakteri staphycoccus aureus, karena itu bisul dapat juga diartikan sebagai infeksi lokal pada kulit dalam.
Penyakit bisul ini bisa menyerang siapa saja, bayi,anak - anak, orang dewasa.Tapi, yang paling sering diserang adalah bayi dan anak - anak. Mengingat daya tubuh mereka masih rentang terhadap penyakit. Bukan berarti orang dewasa terbebas dari bisul. penyakit bisul dapat menyerang hampir semua bagian tubuh kita, terutama pada bagian yang ada lipatannya, ang memungkinkan sering terjadi gesekan, seperti ketiak dan bokong.

Penyakit bisul disebabkan oleh bakteri.Hal tersebut dapat terjadi karena faktor lingkungan yang kurang sehat, kurang memerdulikan kebersihan, atau daya tahan tubuh yang menurun. Bisul keberadaannya jarang diketahui, tahu - tahu sudah berupa benjolan kemerahan dan kalau ditekan terasa nyeri. Benjolan tersebut ada yang kecil samapi bisul itu matang dan pecah sendiri mengeluarkan cairan nanah. Ada juga benjolan yang tumbuh membesar.

Bisul dapat tumbuh lebih dari satu disebabkan oleh infeksi. oleh sebab itu bisul merupakan penyakit menular. Penularannya bisa karena garukan tangan sehingga kuman - kumannya berpindah tangan. Biasanya bisul dibiarkan saja tanpa harus diobati.Padahal bisul jangan dibiarkan sampai bernanah. Karena dapat menyebabkan rusaknya jaringan sel kulit dan dapat juga tumbuhnya bisul lain jika tidak hati - hati saat membersihkan nanah tadi.

Bisul dapat diobati dengan menggompresnya menggunakan air hangat atau menggosok bisul dengan bawang putih. Biasanya, dengan begitu bisul tidak membesar,bisul akan mengempis dengan sendirinya dan tidak menimbulkan bekas.Apabila bisul masih kecil bisa dioles dengan salep atau krim.Sedangkan bisul yang sudah membesar dan yang ada nanah perlu segera dibawa ke dokter

Bisul Dapat Dicegah dengan Cara

  • Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan disekitar kita
  • Gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat agar terhindar dari jamur
  • Biasakan membersihkan bagian lipatan tubuh yang sering terkena bisul
  • Perhatikan pola makan dan asuapan makanan kedalam tubuh kita, agar tubuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit
Semoga Bermanfaat