HERPES

Penyakit Herpes merupakan penyakit yang meradang pada kulit yang biasanya muncul gelembung - gelembung berisi air dan berkelompok.Penyebab herpes bisa bermacam - macam. Namun, penyebab utama penyakit kulit ini adalah virus.

Jenis Herpes

Penyakit Herpes dibagi menjadi dua yaitu : Herpes Zoster dan Herpes Simplek

Herpes Zoster
Herpes ini disebabkan oleh virus varicella zoster. Virus ini juga menyebabkan cacar air. Gejalanya hampir sama dengan cacar air. Muncul gelembung - gelembung berisi air di daerah dada dan punggung. Gelembung ini akan terasa nyeri dan dapat pecah. Inilah yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Sehingga Herpes Zoster disebabkan virus cacar.

Herpes Simplek
Herpes Simplek merupakan penyakit yang umum. Herpes ini bisa disebabkan karena hubungan seks yang tidak sehat. Di AS, kurang lebih 20% orang di atas usia 12 tahun terinfeksi, dan diperkirakan ada satu juta infeksi baru setiap tahun. Herpes Simplek bisa tiba - tiba kambuh lagi setelah sembuh, karena penyakit yang virusnya sulit untuk dimatikan.

Gejala Penyakit Herpes

   Penyakit Herpes bisa ditandai dengan :

  • Demam sampai menggigil
  • Nyeri persendian atau pegal pada satu bagian tubuh
  • Muncul bintik - bintik merah pada kulit seperti gelembung berisi air
  • Kadang sampai kontraksi perut,seperti orang maag
  • Gatal

Pengobatan Penyakit Herpes

Apabila muncul gejala penyakit herpes sebaiknya melakukan beberapa cara pencegahan. Kalau muncul gelembung berisi air usahakan gelembung tersebut tidak pecah. Jika gelembung tersebut pecah bisa berakibat infeksi pada kulit. Jika sudah terjadi infeksi pada kulit, kuman - kuman biasa masuk.Ada baiknya memilih obat yang dipakai untuk mengurangi gejala - gejala pada tubuh. Herpes bukan merupakan penyakit kulit yang dioles dengan salep sembuh. Pemberian obat tersebut bertujuan untuk mengurangi demam dan rasa nyeri yang muncul pada bagian tubuh. Selain itu obat - obatan tersebut merupakan anti virus untuk tubuh. Kalau penderita herpes yang sudah parah sebaiknya dibawa kerumah sakit supaya mendapatkan perawatan yang maksimal.

Semoga Bermanfaat