HEPATITIS A | HEPATITIS B |HEPATITIS C

PENGERTIAN
       Hepatitis adalah peradangan pada hati karena toksin, seperti kimia atau obat ataupun agen penyebab infeksi karena pola hidup sehat yang diabaikan. Hepatitis yang berlangsung kurang dari 6 bulan disebut hepatitis akut, sedangkan hepatitis yang berlangsung lebih dari 6 bulan disebut hepatitis kronis.

PENYEBAB HEPATITIS
Penyebab penyakit Hepatitis adalah virus. Beberapa jenis virus hepatitis antara lain Hepatitis A,B,C,D, dan E. Selain itu, Hepatitis juga bisa terjadi karena infeksi virus lainnya, seperti mononukleosis infeksiosa, demam kuning dan infeksi sitomegalovirus. Sedangkan penyebab lain hepatitis adalah alkohol dan obat-obatan.

JENIS DAN GEJALA HEPATITIS
Beberapa macam dan jenis Hepatitis, demikian pula gejala penyakit tersebut :

  1. HEPATITIS A, Pada minggu pertama, individu yang dijangkiti akan mengalami sakit seperti kuning, keletihan, demam, hilang selera makan, muntah-muntah, pusing dan kencing yang berwarna hitam pekat. Demam yang terjadi adalah demam yang terus menerus, tidak seperti demam yang lainnya yaitu pada demam berdarah, TBC, Thypus.
  2. HEPATITIS B, Secara khusus tanda dan gejala terserangnya hepatitis B yang akut adalah demam, sakit perut dan kuning (terutama pada area mata yang putih/sklera). Namun bagi penderita hepatitis B kronik akan cenderung tidak tampak tanda-tanda tersebut, sehingga penularan kepada orang lain menjadi lebih beresiko.Ibu hamil yang terinfeksi oleh hepatitis B bisa menularkan virus kepada bayi selama proses persalinan. Hepatitis B bisa ditularkan oleh orang sehat yang membawa virus hepatitis B.
  3. HEPATITIS C, Penderita Hepatitis C sering kali orang yang menderita tidak menunjukkan gejala, walaupun infeksi telah terjadi bertahun-tahun lamanya. Namun beberapa gejala yang samar diantaranya adalah Lelah, Hilang selera makan, Sakit perut, Urin menjadi gelap dan Kulit atau mata menjadi kuning yang disebut jaundice (jarang terjadi). Pada beberapa kasus dapat ditemukan peningkatan enzyme hati pada pemeriksaan urine, namun demikian pada penderita Hepatitis C justru terkadang enzyme hati fluktuasi bahkan normal.Hepatitis C paling sering ditularkan melalui pemakai obat yang menggunakan jarum bersama-sama. Jarang terjadi penularan melalui hubungan seksual.
  4. HEPATITIS D, Hanya terjadi sebagai rekan-infeksi dari virus hepatitis B dan hepatitis D ini menyebabkan infeksi hepatitis B menjadi lebih berat. Yang memiliki risiko tinggi terhadap virus ini adalah pecandu obat.
  5. HEPATITIS E, Virus Hepatitis E kadang menyebabkan wabah yang menyerupai hepatitis A, yang hanya terjadi di negara-negara terbelakang.

PENCEGAHAAN PENYAKIT HEPATITIS
  • Melakukan Imunisasi, Karena imunisasi merupakan cara yang efektif untuk mencegah terinfeksi penyakit hepatitis. setelah dilakukan imunisasi tubuh akan membentuk anti bodi atau kekebalan tubuh terhadap penyakit hepatitis. Imunisasi Hepatitis bisa diberikan pada usia 2 - 18 tahun.
  • Pastikan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita bersih.
  • Menjaga kebersihan Lingkungan sekitar. Karena hepatitis akan sangat mudah menyerang ditempat - tempat yang memiliki tingkat kebersihan yang rendah maupun sanitasi yang buruk.
  • Hindari penggunaan obat dalam jangka waktu lama.Hal ini bisa menyebabkan organ hati mengalami kerusakan dan mudah terkena penyakit hepatitis.
  • Ketika melakukan transfusi darah pastikan darah yang akan masuk ke tubuh kita bebas dari penyakit menular.
  • Pencegahan penyakit hepatitis juga bisa dilakukan dengan cara tidak menggunakan barang apapun secara bersama-sama, misalnya jarum suntik, pisau cukur, maupun sikat gigi. Bila menggunakan barang bersama-sama dan salah satu orang ternyata menderita hepatitis, orang yang lain pasti juga akan tertular dengan mudahnya.
  • Selalu rawat dan jagalah kekebalan tubuh Anda dengan asupan gizi yang cukup, sehingga tubuh Anda tetap kuat dan tidak mudah sakit.
  • Bagi pasangan yang hendak melakukan pernikahan, sebaiknya melalui tes kesehatan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah pasangannya terkena hepatitis atau tidak. Salah satu cara penularan hepatitis bisa lewat hubungan intim atau seksual.
  • Tidak menggunakan barang milik orang lain selama kita sendiri tidak yakin dengan kondisi kesehatan orang tersebut.
  • Menjaga kebersihan diri. Selalu mencuci tangan sebelum makan merupakan salah satu langkah pencegahan penyakit hepatitis.