GUSI

Radang Gusi disebut juga penyakit gusi atau penyakit periondotal, yang diakibatkan pertumbuhan bakteri di mulut dan yang lebih parah lagi jika tidak segera diobati maka gigi akan hilang dikarenakan jarinagn mengelilingi gigi.
Gusi berdarah bisa disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab yang paling sering adalah adanya plak dan karang gigi (kalkulus) yang menempel pada permukaan gigi. Gigi kita dilapisi oleh lapisan transparan licin yang disebut pellicle. Pellicle yang dikolonisasi oleh bakteri disebut plak. Selanjutnya, bila tidak dibersihkan maka plak dapat mengalami mineralisasi (pengerasan), sehingga membentuk karang gigi yang melekat pada permukaan gigi. Biasanya karang gigi dijumpai pada leher gigi. Karang gigi tidak hanya melekat pada permukaan gigi yang tampak (terletak di atas garis gusi), tapi juga dapat melekat pada permukaan gigi yang tertutup oleh gusi. Pada permukaan karang gigi biasanya juga terdapat koloni bakteri. Koloni bakteri pada plak dan karang gigi inilah yang mengakibatkan kerusakan jaringan penyangga gigi, yang dimulai dari gingiva (bagian gusi yang dapat kita lihat). Keadaan ini disebut gingivitis (radang gusi). Karena ada peradangan maka gusi menjadi mudah berdarah apabila terkena trauma mekanis, misalnya sikat gigi atau tusuk gigi. Jadi, gusi berdarah adalah tanda awal adanya kerusakan gusi.
Apabila tidak segera ditangani maka karang gigi dapat terus bertambah sehingga perlekatan gusi pada permukaaan gigi menjadi lepas dan terbentuk adanya kantung pada gusi (disebut periodontal pocket). Kondisi ini disertai juga dengan perdarahan gusi dan kerusakan tulang penyangga gigi. Akibatnya bila tidak segera ditangani gigi menjadi goyang dan akhirnya tanggal. Keadaan ini disebut periodontitis.

PERBEDAAN ANTARA RADANG GUSI (GINGIVITIS) DAN PENYAKIT GUSI (PERIODONTITIS)
Radang Gusi (Gingivitis) biasanya lebih dahulu daripada Penyakit Gusi (Periodontitis). Tetapi belum tentu Radang Gusi menjadi Penyakit Gusi.
Radang Gusi terbentuknya bakteri dalam plak yang menyebabakan gusi menjadi meradang (merah dan bengkak) dan mudah berdarah di saat gosok gigi. Jika radang gigi tidak segera diatasi bisa berakibat penyakit gusi.
Pada orang yang terkena penyakit gusi, lapisan bagian dalam gusi dan tulang menjauh dari gigi dan membebtuk kantung. dan ruang - ruang kecil gigi dapat ditempati oleh bakteri - bakteri. bakteri ini dapat menyebabkan toksin atau racun dalam plak.

PENYEBAB PENYAKIT GUSI
Beberapa penyebab penyakit gusi :

  1. Kebiasaan merokok akan menghambat pertumbuhan gusi untuk sembuh
  2. Kebiasaan buruk tidak menggosok gigi setiap hari, sehingga mempermudah terkena radang gusi
  3. Perubahaan Hormon terjadi di saat kehamilan, pubertas, menepouse, bulanan saat menstruasi, membuat gusi lebih sensitif
  4. Penyakit yang dapat mempengaruhi keadaan gusi, seperti penyakit kanker, HIV/AIDS, dan penyakit Diabetes
  5. Obat - obatan yang dapat mengurangi kesehatan mulut karena sebagian besar mengurangi air liur yang memiliki efek protektif pada gusi dan gigi
  6. Adanya riwayat penyakit gigi dapat menjadi faktor menjadi pengembangan radang gusi

GEJALA PENYAKIT GUSI
  • Gosok gigi dengan tekanan normal, Jika rasa sakit atau perdarahan terjadi, Anda mungkin mengalami gejala awal penyakit.
  • Perhatikan bau mulut, Bau mulut sebenarnya cukup lazim terjadi dan merupakan sesuatu yang normal. Hanya saja jika terjadi bau mulut kronis, kemungkinan besar itu merupakan gejala penyakit.
  • Perhatikan rasa sakit pada gusi atau gusi yang berubah lunak, nyeri saat menyikat gigi, saat makan atau minum perlu diperhatikan. Sebagian orang merasakan sakit yang lebih parah saat minum soda.Gusi yang sakitt atau terasa lunak merupakan tanda terjadinyapenyakit
  • Perhatikan setiap penumpukan plak pada gigi, Penumpukan plak dapat menyebabkan gingivitis (radang gusi), serta menjadi sumber bakteri dan infeksi.

 MENCEGAH PENYAKIT GUSI
 Penyakit gusi dapat dicegah dengan cara :
  • Menyikat Gigi secara teratur setiap hari
  • Menjaga kesehatan mulut dan gigi
  • Lakukan perawatan gigi dan mulutnsecara rutin ke dokter gigi atau ahli kesehatan gigi
  • Apabila sudah terkena penyakit gusi degera lakukan perawatan ke dokter gigi supaya dapat seger diobati penyakit tersebut
  • Tingkatkan asupan vitamin C