KURAP

Penyakit Kurap adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh beberapa jamur yang berbeda dan bisanya dikelompokkan berdasarkan lokasinya pada tubuh.Ciri-ciri kurap ialah batas terlihat jelas antara kulit sehat dan kulit yang sakit, kulit yang sakit tampak bersisik dan pinggirannya membentuk garis berwarna kemerahan. Penyebab Kurap adalah berbagai jenis jamur.
Penyakit Kurap sering menyerang tempat - tempat yang berbeda. Namun, biasanya  penyakit kulit ini lebih menyukai daerah lembab seperti di lipatan paha, daerah bawah perut, sekitar anus atau daerah kelamin luar (tinea kruris). Kurap juga mudah menular dari satu orang ke orang lain, apalagi orang yang  tertular dalam kondisi kekebalan tubuh yang lemah.

JENIS - JENIS PENYAKIT KURAP
1.Athlete's foot
Disebut juga kadas/kurap di kaki, merupakan suatu infeksi jamur yang biasanya muncul pada cuaca panas/hangat. Biasanya disebabkan oleh Trichophyton atau Epidermophyton, yaitu jamur yang bisa tumbuh di daerah yang lembab dan hangat, diantara jari-jari kaki.
Jamur bisa menyebabkan terbentuknya sisik-sisik yang sangat halus tanpa gejala lainnya atau sisik-sisik yang lebih kadar disertai ruam yang terasa gatal, kasar dan menimbulkan nyeri di sela-sela jari kaki dan di tepian kaki. Juga bisa terbentuk lepuhan yang berisi cairan. Jamur bisa menyebabkan kaki menjadi retak-retak sehingga terjadi infeksi bakteri, terutama pada penderita usia lanjut dan penderita gannguan aliran darah ke kaki.

2.Kurap/kadas di selakangan
Disebut juga jick itch dan bisa disebabkan oleh sejumlah jamur. Lebih sering ditemukan pada pria dan lebih sering terjadi pada cuaca hangat. Infeksi menyebabkan kemerahan berbentuk seperti cincin, kadang disertai lepuhan kecil di kulit sekitar selangkakan dan kulit paha atas bagian dalam. Bisa menimbulkan gatal-gatal dan bahkan nyeri. Meskipun telah diobati sering terjadi infeksi ulangan.

3.Kurap/kadas di kulit kepala
Penyebabnya adalah Trichophyton atau Microsporum. Penyakit ini sangat menular, terutama pada anak-anak. Bisa menyebabkan terbentuknya ruam merah bersisik yang kadang terasa gatal atau menyebabkan kerontokan rambut yang meninggalkan bercak pitak tanpa disertai ruam.

4.Tinea Kapitis
Tinea kapitis disebut juga dengan Kadas/kurap di kuk. Merupakan suatu infeksi pada kuku yang disebabkan oleh Trichophyton. Jamur masuk ke dalam kuku yang baru tumbuh dan menyebabkan kelainan bentuk kuku, kuku menjadi kusam dan menebal. Infeksi lebih cukup sering terjadi pada kuku kaki dibandingkan kuku jari. Kuku kaki yang terinfeksi bisa terlepas dari tempat tidur kuku, remuk, atau berserpihan.

5.Kurap/kadas pada badan
Penyebabnya adalah Trichophyton. Infeksi biasanya menyebakan ruam berwarna pink sampai merah yang kadang membentuk bercak bundar dan tengahnya jernih. Kadas/kurap badan bisa ditemukan di setiap kulit tubuh.

6.Kurap/kadas pada janggut
Jarang terjadi. Sebagian besar infeksi yang menyerang janggut disebabkan oleh bakteri, bukan jamur.

PENCEGAHAAN PENYAKIT KURAP
Sulit untuk mencegah Kurap. Jamur yang menyebabkan kurap adalah umum dan menular bahkan sebelum gejala muncul. Anda dapat membantu mengurangi risiko penyakit kurap dengan hidup sehat, selalu menjaga kebersihan badan maupun lingkungan sekitar Anda. Cucilah tangan setelah melakukan aktivitas apapun. Dan, jangan memakai pakaian yang tebal dalam jangka waktu yang lama dalam keadaan hangat dan lembab. Hindari aktivitas yang banyak menimbulkan keringat banyak.