LEUKIMIA DAN PENCEGAHANNYA

Salah satu jenis kanker yang banyak ditemukan pada masyarakat indonesia adalah penyakit kanker darah atau sering disebutdengan istilah Leukimia. Penyakit Leukimia merupakan jenis penyakit yang mematikan dan bersifat proliferasi neoplastik yang cepat dan progresif. Organisasi kesehatan dunia WHO melakukan survei bahwa sekitar 75% penduduk dunia kemungkinan menderita kanker.
         Penyebab yang muncul dari penyakit ini secara umum, karena pola hidup masyarakat yang tidak sehat dan buruknya kualitas lingkungan hidup disekitar masyarakat, seperti banyaknya polusi dan sampah. Tapi penyebab pastinya belum diketahui dan masih dalam penelitian dan perdebatan, sehingga belum ditemukan secara pasti cara penyembuhandari penyakit yang mematikan ini.

TANDA DAN GEJALA PENYAKIT LEUKIMIA

  • Demam atau mengeluarkan keringat yang tidak wajar pada malam hari.
  • Mengalami anemia, seperti penderita cepat mengalami lelah, letih, pucat, dan bernafas cepat.
  • Sering mengalami perdarahaan dan mudah mengalami memar, seperti gusi berdarah, bercak keunguan di kulit atau bintik - bintik merah kecil dibawah kulit.
  • Sering mengalami infeksi.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening yang ditandai dengan pembengkakan di bagian leher dan ketiak, tapi biasanya tidak mersakan sakit.
  • Sering mengalami nyeri pada tulang dan sendi.
  • Rasa tidak nyaman diperut, karena disebabkan membengkaknya hati dan pangkreas.
  • Menurunnya berat badan secara signifikan tanpa sebab yang pasti.
  • Penderita mengalami sulit bernafas dan nyeri pada dada.


PENCEGAHAAN PENYAKIT LEUKIMIA
Untuk mencegah terkena penyakit ini, mulailah mengkonsumsi makanan sehat dan berimbang. Usahakan menghindari makanan yang mengandung bahan - bahan kimia seperti pemanis atau pewarna makanan. Perhatikan kesehatan Anda, setidaknya lakukan general cek updu kali dalam setahun.
Apabila penderita sudah terkena penyakit tersebut segera lakukan pengobatan kerumah sakit. Biasanya pengobatan penyakit ini disesuaikan dengan stadium yang dialami oleh si penderita. Secara umum, pengobatan leukimia terdiri dari kemoterapi, radioterapi, serta terapi antibiotik, dan suportif. Penyakit leukimia bukan merupakn penyakit yang menular maupun keturunan, dan penyakit ini sewaktu - waktu bisa kambuh walaupun dokter sudah mengatakn sembuh.

semoga bermanfaat